Waktunya Backpacker Menikmati Makanan Terkenal di Meksiko

Kota Meksiko adalah merupakan kota yang terletak pada bagian amerika Utara yang berbatasan dengan amerika serikat. Masyarakat Meksiko pada umumnya menggunakan bahasa Spanyol. Menjadikan destinasi liburan anda kota ini tidak kalah menarik dengan kota kota lainnya,  karena Meksiko selain terkenal juga dengan makanan khasnya. Bagi kalian yang merupakan food travelling saya sarankan untuk ke kota ini. Kali ini kita akan membahas tentang makanan terkenal di Meksiko , sambil menikmati keindahan kota nya kita juga bisa mencicipi makanan khas dari kota Meksiko. 

Burritos

Kalian pasti sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini,  karena di restoran Indonesia juga menyediakan menu ini. Tapi tidak seru rasanya kalau kita tidak mencobanya langsung dari kota asalnya. Burritos adalah makanan yang berisikan campuran daging dan berbagai sayuran,  yang dibalut dengan roti tortilla. Makanan ini hampir mirip dengan makanan kebab,  tapi burritos berisikan daging,  sayuran dan pasta kacang di dalamnya. Jadi tunggu apalagi,  bagian kalian yang doyan makan,  lets go. Saya yakin kalian akan ketagihan dengan rasa khas burritos dari Meksiko ini. 

Tacos

Makanan Meksiko selanjutnya adalah Tacos. Makanan satu ini masih bernuansa daging yang dibalut dengan roti tortilla. Tapi pada menu ini kalian bisa memilih daging apa saja yang kalian inginkan untuk mengisi balutan roti tortilla, selain itu makanan ini juga berisikan sayuran seperti selada tomat serta dilapisi keju. Makanan khas satu ini dipadukan dengan saus guacamole atau saus Salsa agar penikmat makanan ini lebih merasakan cita rasa yang nikmat. 

Fajita

Fajita atau Tex-mex makanan satu ini adalah satu satu makanan khas Meksiko yang telah mendunia. Makanan yang bahan dasar daging yang disajikan dalam wajan panas. Daging yang akan kalian nikmati bisa kalian pilih sesuai selera seperti ayam,  sapi,  atau bisa diganti dengan seafood. Banyak restoran Fajita dibawa ke meja dengan suara mendesis keras di atas wajan panas dengan tortilla hangat dan bumbu seperti guacamole, pico de gallo,  Salsa dan lainnya. Fajitas Meksiko atau Tex-Mex kecil adalah istilah untuk potongan daging ayam atau sapi yang dibentuk seperti strip. Kata Fajitas berasal dari kata fajar, diambil dari bahasa Spanyol untuk arti “Strip”,”band”, atau “sabuk”.

Nachos

Nachos adalah salah satu makanan ringan Meksiko yang terdiri atas keripik tortilla yang berbahan dasar jagung yang disajikan dengan saus keju dan beberapa irisan cabai di atasnya. Nachos biasanya dijadikan hidangan pembuka di restoran, seiring perkembangan zaman sekarang nachos sudah mempunyai beberapa varian. Dulunya nachos hanya disajikan dengan saus keju dan beberapa potongan cabai,  sekarang nachos juga disajikan dengan beberapa campuran yaitu daging cincang,  potongan cabe,  jalapeno,  bawang bombay,  guacamole dan saus kacang merah. 

Tamales

Tamales adalah salah satu makan tradisional kota Meksiko. Jika nada berlibur di suatu kota,  pastinya anda ingin mencoba apa saja makanan khas di kota tersebut. Nah,  Tamales merupakan makanan khas tradisional Meksiko yang berbahan dasar tepung jagung. Pembuatan Tamales ini dengan cara membuat adonan sebagai bahan dasar yang nantinya akan direbus atau dikukus dalam bungkusan daun. Untuk isian dari Tamales sendiri, bisa saja berupa Daging, lalu ditambahkan sedikit Keju dengan Sayur-sayuran, atau jika ingin fresh bisa menggunakan buah sebagai isiannya. Jadi, ini balik lagi si sama selera yang kalian miliki. Temales dulunya juga merupakan makanan yang dijadikan bekal bagi para prajurit , pemburu dan para musafir. 

Enchilada

Enchilada adalah makanan utama di kawasan Meksiko. Makanan ini terdiri dari tortilla diisi lalu digulung,  setelah itu diberi saus cabai. Adapun beberapa isian yang bisa kalian masukan ke dalam Enchilada yakni : Daging – Keju – Kentang atau Sayuran – Makanan Laut, jangan lupa untuk coba kalian combine. Pastinya rasanya, anjim banget wkwkwk. Walaupun sudah banyak tutorial dalam pembuatan Enchilada,  pasti merupakan hal yang beda apabila kalian langsung mencicipi makanan ini langsung dari tempat asalnya.

Quesadilla

Jauh jauh berlibur ke Meksiko tanpa merasakan cita rasa makanan yang satu ini kalian pasti akan menyesal. Quesadilla adalah makanan khas Meksiko dan Tex-mex yang berisi keju cair di dalam tortilla jagung atau tortilla tepung terigu. Kata Quesadilla berasal dari bahasa Spanyol, yang mana arti nya suatu benda kecil yang mengandung keju. Namun sekarang Quesadilla dipadukan dengan daging ayam , saus cream, dan tomato Salsa. Dalam pemilihan daging kalian bisa memilih sesuai selera kalian, pada umumnya daging yang digunakan adalah sapi dan ayam. 

Guacamole

Entah masuk ke makanan Nomor berapa, ini menjadi makanan Tradisional yang sangat khas di Meksiko. Dimana, dasar dari pembuatannya terdiri langsung dari bahan buah Alpukat, lalu ada penambahan asam dari Lemon dan sedikit seasoning pada penyedap rasa atau garam. Buah alpukat yang dibuat menjadi saus yang lembut dan gurih, mempunyai sensasi tersendiri saat menyantapnya. Biasanya buah alpukat digunakan untuk membuat salad atau jus,  sedangkan di Meksiko buah alpukat dibuat menjadi saus yang enak. Cara untuk membuat Guacamole sangatlah praktis kalian hanya tinggal menghaluskan buah alpukat bersama dengan bumbu tambahan kesukaan kalian. Karena bahan dasar nya adalah alpukat,  kalian bebas memberikan tambahan cairan dalam pembuatannya seperti tomat,  gula pasir atau bumbu lainnya. 

Naked Burrito

Makanan khas yang satu ini hampir sama dengan burritos,  yang membedakan hanyalah cara penyajiannya. Makanan ini tidak menggunakan tortilla sebagai pendampingnya, oleh karena itu banyak juga yang beranggapan bahwa makanan yang satu ini tidak berasal dari Meksiko. Karena rata rata makan khas Meksiko menggunakan roti tortilla sebagai bahan pendamping makanan. Walaupun demikian makanan yang satu ini tetap tidak kalah lezatnya dengan makanan khas lainnya. 

Taquito

Taquito makanan khas Meksiko yang dikenal juga dengan sebutan taco. Makanan ini terdiri atas gulungan atau lipatan roti tortilla yang diisi dengan berbagai macam masakan di dalamnya. Salah satu versi Taco yakni Breakfast Taco yang terdiri atas telur dadar dan kombinasi kentang, sosis atau daging babi asap . Kalau kalian ke Meksiko dan mencoba makanan yang satu ini,  pasti kalian berfikir makanan ini mirip dengan makanan Indonesia yaitu lumpia / risoles. 

Mole Poblano

Untung Mole bukan Molen ya guys, kalau emang iya itu Molen mending kalian beli di mamang-mamang pinggir jalan juga banyak wkwkwk. Untuk makanan yang satu ini bukan hidangan pokok, melainkan menjadikan makanan pelengkap atau menjadi jenis saus yang sering digunakan di Meksiko. Mole untuk nama Inggris dari jenis saus yang satu ini, namun ketika sampai di arah-arah Spanyol menjadi Mole Poblano . Mole Poblano , yang namanya berasal dari nama negara bagian Meksiko, Puebla, adalah saus populer dalam masakan Meksiko. Makanan ini disiapkan dengan cabe, bumbu bumbu,  coklat tanpa gula dan bahan bahan lainnya. Makanan ini biasanya disajikan untuk acara perayaan seperti pernikahan, ulang tahun,  Natal dan pembaptisan. Mole Poblano juga biasa disajikan dengan ayam kalkun atau ayam biasa. 

Cemita

Cemita adalah torta berasal dari Puebla, Meksiko. Makanan ini juga dikenal sebagai Cemita Poblana, yaitu berasal dari kota Puebla. Kata tersebut tertuju pada sandwich dan juga roti gulung yang biasanya disajikan di atasnya, gulungan roti yang dilapisi dengan biji wijen. Roti dibuat tanpa telur , selain itu bahan bahannya biasanya dibatasi pada irisan alpukat, daging, keju putih, bawang, ramuan papalo dan chipotle adobo, atau jalapeno. 

Chilaquiles

Makanan ini terbuat dari bahan dasar roti tortilla yang dipotong menjadi 4 bagian,  dan setelah itu di goreng. Saus pendamping makanan ini adalah saus Salsa hijau atau merah. Saus Salsa adalah saus yang terkenal di Meksiko yang terbuat dari tomat,  bawang,  jagung, kacang serta rempah rempah lainnya. Chilaquiles juga bisa disajikan dengan toping lainnya berupa ayam, daging, dan keju. 

Chicken Burrito

Makanan khas Meksiko lainnya adalah Chicken Burrito,  makanan ini berisikan irisan daging ayam yang di campur dengan berbagai macam sayuran yang dibaluti denga roti tortilla. Makanan ini selain enak merupakan makan yang sehat. Karena terdapat berbagai macam sayuran dalam isiannya. 

Churros

Makanan ini juga merupakan makanan khas Meksiko yang sudah mendunia. Makanan ini terbuat dari adonan tepung,  telur dan gula pasir yang digoreng sampai berwarna kecoklatan. Makanan ini sangat gurih dan manis, salah satu makanan yang paling dicari jika kalian merupakan Food Travelling. Makanan satu ini juga disajikan dengan berbagai varian toping yaitu gula bubuk,  lelehan coklat,  ataupun eskrim.